Konsep Merkozy


Eropa dilanda krisis. Sebenarnya agak aneh mengingat secara historis negara kuat selain di benua amerika adalah di eropa. Kuat dalam arti perekonomian, kesejahteraan, keamanan, kemakmuran, sehingga menjadikan mereka penguasa dunia.

Ternyata dibalik itu semua hutang para pembesar cukup besar. Yunani kabarnya net hutang 200 kali lebih besar daripada penghasilan. Spanyol dan Prancis idem dito.

Situasi ini diperburuk dengan terikat nya  negara negara eropa lain yang sebenarnya tidak kesulitan keuangan seperti jerman. dalam suatu wadah kerjasama yaitu Euro.

Angela Merkel, kanselir Jerman dan Nikolaz Sarkozy presiden Prancis pada saat itu telah merumuskan konsep. Agar seluruh eropa melakukan pengetatan ikat pinggang, terutama negara yang menderita krisis. Belajar untuk hidup dengan kemampuan sendiri alias tidak ngutang. Konsep ini dinamakan konsep Merkozy.

Apa daya rakyat tidak mau dipersalahkan karena ketidak mampuan para politikus mengatur negaranya.mereka sudah membayar pajak dengan baik. Dengan kata lain mereka tidak mau gajinya dipotong walau dengan alasan menyelamatkan negara dari kebangkrutan

Alhasil situasi tambah kacau balau dengan adanya presiden prancis yang baru , Francois Hollande, yang juga menolak saran penghematan. Jerman sebagai negara kuat perekonomian di eropa pun menolak pembelian obligasi negara negara nyaris bangkrut tersebut.untuk apa saya ikut bertanggung jawab untuk negara negara yang tidak mau menyelamatkan dirinya sendiri.

Alhasil perekonomian dunia ikut tergoncang. Pasarsaham mei turut melorot drastis. Harga emas juga ikut menurun.peringkat hutang negara eropa juga mei menurun.

Apakah drama ini juga akan menjadi krisis ekonomi setelah tahun 2007? Kita lihat saja nanti.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in My Economic Thinking, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s