Money Supplier


Pengguna kendaraan bermotor,baik roda 2 maupun 4, semakin bertambah. Maklum Indonesia dengan penduduk 200 juta terus berkembang dan membutuhkan transportasi berbiaya murah. Atau bila mahal selalu ada cara untuk membuatnya murah. Antara lain dengan pembelian kredit dan yang bisa membantu adalah perusahaan pembiayaan atau leasing company.

Nah, kebetulan saya baru saja belajar banyak tentang leasing company. Kira-kira kalau di Indonesia leasing co namanya XXX Finance. Istilah F tsb melambangkan penyedia dana bagi peminat kendaraan yg ingin membeli secara kredit. Si F ini walau dianggap sbg penyedia dana, tetapi dia tidak berhak menghimpunnya. Jadi darimana dia dapat uang untuk dipinjamkan ke customer?

Betul sekali, bank adalah jawabannya. Bank akan memberikan dana kepada si F, yang lalu diberikan kepada customer. Customer akan ke dealer terdekat menyerahkan uangnya dan kendaraan akan berpindah kepemilikan. BPKB akan ditahan si F sebagai jaminan pembayaran dan customer akan bayar angsuran sesuai kesepakatan. Bila gagal bayar, kendaraan akan disita oleh F.

Terus terang mekanisme ini baru bagi saya. Selama ini bank hanya berfungsi sbg penyedia dana (kredit) utk modal kerja yg nantinya akan dibelikan bahan baku utk industri manufaktur atau produk utk dijual kembali bagi industri perdagangan. Tapi untuk leasing company, uang dari bank adalah ‘bahan baku’ yg langsung ke end user tanpa berubah ujud (tetep duit maksudnya). What’s amazing system!

Si F ini ternyata butuh dana yg sangat besar karena pembeli motor n mobil yg terus meningkat. Sehingga dia butuh banyak bank sebagai supplier bahan baku uang. Tak heran satu perusahaan leasing bekerja sama dgn banyak bank. Dan sering pula bank mendirikan anak perusahaan berupa leasing co.untuk menampung dana dari bank. Mana dana yg terpakai tergantung perjanjian dan tarif bunga.

Ok, semoga cukup jelas pelajaran tentang Leasing co. Sampai bertemu pada pengalaman berikutnya.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
Gallery | This entry was posted in Credit Loan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s