Era Baru Investasi


Setelah mempelajari sekian banyak cara investasi dan mengamalkannya, baru kali ini saya berteguh hati untuk “membeli sebuah perusahaan”. Supaya tidak lebay-lebay amat, akan saya ganti dengan bahasa sederhana: Beli Saham.

Sebagai pemula, pengetahuan saya sih tidak enol enol banget di bidang ini. Paling tidak dengan browsing internet, langkah apa yang harus dilakukan telah dapat dimengerti. Berikut caranya:

  1. Cari broker / perusahaan sekuritas yang legal dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia
  2. Pertimbangkan dengan teliti faktor-faktor yang menguntungkan  anda sebagai investor:
  • Jumlah Deposit awal

adalah sejumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan sekuritas, agar ia dapat membeli saham sesuai pesanan kita. Jumlahnya tergantung kebijakan perusahaan. Sejauh ini yang saya tahu, Trimegah 50 juta, Danareksa Rp. 25 juta untuk pembelian via account executive, dan Rp. 5 juta melalui internet (online). Deposit awal ini juga akan mengendap di akun bank si broker, dan biasanya anda tetap diberi bunga, tetapi dibawah bunga bank karena sisanya diambil si broker.

  • Biaya jual beli

yaitu biaya yang dikenakan si broker saat membeli dan menjual saham. Contoh Danareksa mencharge 0,25% untuk beli, dan 0,35% untuk jual dari nilai saham yang akan dijual/beli. Nilai ini akan berkurang bila transaksi online karena dilakukan oleh anda sendiri, yaitu 0,17% untuk beli dan 0,2% untuk jual. Ada tambahan untuk biaya program online.

Bila anda telah menemukan broker yang tepat, segera daftar. Paling tidak proses aktivasi anda menjadi anggota bursa melalui broker berlangsung 5 hari kerja. Dan setelah itu setor dana deposit anda. whoollaaa.. anda dapat membeli saham favorit.

Anda dapat membeli saham minimal 1 lot yang berisi 500 lembar. Pembelian saham tergantung kepada harga yang anda minta. Sebagai contoh, saya pengen beli saham Bank Rakyat Indonesia, yang pada hari/pada jam itu itu diperjualbelikan seharga Rp. 6.400 per saham. Bila ingin langsung mendapat saham, anda bisa pesan dengan harga segitu sehingga bisa langsung dapat saham. Tapi bila dirasa harga segitu kemahalan, anda bisa pasang harga di Rp.6.300 per saham. Bila ada yang mau menjual dengan harga Rp. 6.300 ya bisa langsung angkaaatt… Kalau tidak ya tunggu saja, atau seperti yang saya lakukan karena tidak sabar, naikkan harga yang dipasang.

Harus diakui IHSG selama bulan puasa kemarin, ajrut-ajrutan habis berkisar 3.700 s.d. 4.200. Banyak dana asing keluar masuk seenaknya, tergantung kondisi politik dan ekonomi dunia. Kira-kira mana yang menguntungkan akan diambil. Nilai PBV saham di Indonesia 3,9 kali, lebih tinggi dibanding saham2 di Asia yang berkisar 1,5 -2,5 kali. PBV adalah nilai saham dibanding nilai perusahaan semestinya. Contohnya nilai perusahaan A seharusnya cuma 10, tapi oleh pasar dinilai 39. Bukan karena prestasi yang menonjol, tapi cuma karena permainan pasar.

Diramalkan IHSG akan terus meningkat,karena bulan September pasar Amerika akan membaik dengan kebijakan Quantitative Easing. Ini adalah politik bank sentral Amerika The Fed untuk beli obligasi pemerintahnya, kemudian duit dari bunga obligasi akan dikucurkan kepada bank-bank untuk dana kredit, membiayai perusahaan2 Amerika. Kesimpulannya duit tidak akan lari dari tanah Amerika dan membangun perekonomian negara dari modal sendiri (jadi terharu, heroik banget ya..).

Niat saya sederhana, dengan investasi ini:

  1. Ingin belajar seluk beluk pasar modal
  2. Merasakan deg2an main saham. Pernah merasakan nilai investasi turun s.d. 50%? saya sudah pernah, dan saat itu bersumpah2 akan menjual. Tapi setelah harga naik, ternyata enak juga..hehe..
  3. Kalau bisa sih dapat untung juga. Bukankah itu tujuan utama investasi?

So wish me luck in my new style of investment, ya..

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in My Economic Thinking and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s