Enak lho Pake Kartu Kredit


Baru 3 bulan ini saya punya kartu kredit. Itupun setelah didera rasa “bersalah” orang bank kok nggak punya kartu kredit, dan redamnya rasa mangkel karena penolakan atas aplikasi saya 2 taun yang lalu.  Hakikatnya saya tidak merasa memerlukan kartu ini, karena masalah pembayaran telah terselesaikan dengan kartu debit. Bahkan saya jadi tidak punya hutang. Selain itu cerita-cerita horror mengenai kartu kredit banyak beredar. Mulai dari bunga yang mencekik leher, tagihan dari transaksi yang tidak pernah dilakukan, sampai dengan teror debt collector.

Untungnya saya bukan shopping mania. Melihat tag harga saat belanja adalah keharusan utama, dan menelan ludah untuk menahan hasrat membeli adalah kebiasaan berikutnya. Jadi saya tidak pernah overlimit dalam belanja. Bila teman-teman selalu mencari kartu kredit dengan batasan paling besar (jenis gold, platinum, atau jenis besi-besi lain), saya diberi minimum limit juga tidak protes.

Dari sisi keamanan, membawa kartu debit dan kartu kredit sama bahayanya. Buat saya lebih aman membawa seratus dua ratus ribu rupiah di dompet, daripada menggembol kartu debit yang mewakili uang tabungan di bank, atau kartu kredit yang mewakili barang-barang yang diinginkan pencuri.

Tapi ada pengalaman berharga, saat saya akan tes kesehatan di rumah sakit. Si RS ini tidak menerima kartu debit, sementara uang tunai kurang, akhirnya kartu kredit saya yg maju. Dan semua terselesaikan.

Saat promosi-promosi di beberapa merchant, kartu kredit juga menguntungkan. Ada saudara yang membutuhkan gadget dan dengan kartu ini dia dapat membayar cicilan tanpa bunga selama 12 bulan. Lumayan untuk yang berkantong cekak.

Sebenarnya jangan takut  untuk punya kartu kredit. Asal berhati-hati dalam bertransaksi, jangan kebablasan, bayar tepat waktu sesuai nominal yang ditagih. Kalau itu dijalankan, enak kok pakai kartu kredit.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in Credit Loan, My Economic Thinking, Parodi. Bookmark the permalink.

2 Responses to Enak lho Pake Kartu Kredit

  1. makasih lady, gi mo ngajuin sih bingung tapi hehehe

Leave a Reply

