Nabung? Dijamin LPS lho


Pada awal Februari 2011, BI telah menaikkan BI Rates dari 6,5% menjadi 6,75%. Banyak nasabah yang mengkhawatirkan keselamatan uang mereka di bank. Terutama yang menabung dalam bentuk deposito. Mengingat LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) belum menaikan batas bunga penjaminan mereka. Tapi selang satu minggu kemudian, LPS mengumungkan kenaikan batas bunga penjaminan nasabah dari 7% menjadi 7,25%. Yang berarti deposito dengan bunga 7,25% tetap akan ditanggung oleh pemerintah. Sedang bunga simpanan valas yang dijamin tetap 2,75%. Bunga BPR 10,25%.

Bunga deposito akhir-akhir ini memang akan menanjak menyesuaikan dengan BI rates. Mengingat tujuan akhir kenaikan BI rates adalah menurunkan inflasi, atau menyedot sirkulasi uang yang banyak beredar di masyarakat akibat kenaikan harga barang-barang. Inflasi year on year Januari 2011 sekitar 7,02%.

Jadi head lines hari ini: Jangan ragu menyimpang uang anda di bank. Dijamin kok.

 

NB: Nambah headlines ini. Saat ini tersedia program Tabunganku dari pemerintah. Bebas biaya administrasi, tapi tidak ada fasilitas bunga dan ATM. Jadi bila akan mengambil uang ya langsung di bank tempat menyimpan uang. Program Tabunganku ini diselenggarakan di semua bank. Cocok untuk pelajar, atau anda yang berniat tidak ingin sering-sering ambil uang (karena tidak ada ATM sehingga godaannya kecil). Tapi yang jelas, lebih parah dari tabungan biasa yang bunganya 3%, uang anda di Tabunganku jelas akan berkurang nilainya tergerus inflasi karena tidak ada bunga sama sekali.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in All about Bank, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s