Kacamata Kuda


Ini istilah lain untuk fokus. Tidak memperhatikan hal selain tujuan kita. Pak Mario Teguh berkomentar, manusia adalah mahkluk yang suka tertarik kepada banyak hal termasuk yang tidak diperlukan. Walaupun saya tidak terlalu tertarik pada sosok Mario Teguh sebagai motivator, tetapi harus diakui kali ini dia benar.

Saya merasakan untuk fokus terhadap satu tujuan, itu sulitnya minta ampun. Contoh paling signifikan pada kehidupan saya adalah kenaikan posisi, sembari bersekolah. Disaat teman-teman lain telah mulai naik posisi satu persatu, tinggal saya yang tersisa di posisi awal. Bayangkan, saya yang tidak pernah ketinggalan di bidang apapun bahkan sering di posisi tercepat dalam hal kelulusan atau jabatan, sekarang harus rela meninggalkan diri di belakang. Alasannya cuma satu: saya ingin fokus sekolah. Kenaikan posisi beresiko terlalu besar yaitu mutasi dan pekerjaan baru yang perlu konsentrasi lebih tinggi. Saya belum siap menghadapi resiko itu. Disamping saya telah mengeluarkan biaya banyak untuk pendidikan. Mubazir dong kalau sampai harus DO.

Kekhawatiran saya mungkin berlebihan, tapi lebih baik cari aman sekarang. Tempo hari saat ada tes kenaikan posisi, saya separuh bersyukur karena tidak ditunjuk. Separuhnya lagi bertanya-tanya, kenapa ya nggak ditunjuk. Tapi go to hell, yang penting tujuan saya tetap fokus dapat terlaksana.

Anyhow, dunia itu penuh pilihan. Terlalu banyak keinginan untuk menggapai pilihan  memungkinkan kita untuk berkembang, tetapi tidak sebagai ahli. Lebih baik satu bidang tapi ditekuni sampai kompeten di bidang itu. Bila tergoda, ya itu tadi, pasang “kacamata kuda” alias evil no see, pura-pura gak lihat. Agar godaan tersebut tidak nampak, dan kita bisa konsentrasi pada tujuan akhir.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in My World and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

