Kuping


Ada cerita tentang burung Bulbul. Alkisah, ada suatu perlombaan untuk memenangkan burung Bulbul yang kicauannya merdu dan tinggal di puncak gunung. Banyak orang berlomba untuk mendapatkannya, tapi gagal. Penyebabnya mereka tergoda oleh suara merdu di sekitar lereng gunung, dan menoleh untuk mencari asal suara tersebut. Akibat dari tolehan tersebut adalah mereka menjadi patung. Beribu orang telah mencoba dan gagal, hanya karena mereka tidak bisa menahan godaan.
Seorang gadis mencari tahu penyebab kegagalan pendahulunya, lalu menyumbat kupingnya rapat-rapat agar tidak mendengar apapun di perjalanan. Solusi yang sederhana untuk hasil yang luar biasa. Burung Bulbul dapat ditaklukkan.

Demikianlah kekuatan telinga. Dia dapat bermanfaat bila digunakan dengan benar, tetapi dapat membawa masalah bila salah guna. Contoh tadi, si gadis berusaha mencari tahu dengan telinganya apa penyebab kegagalan pendahulunya. Ini manfaatnya. Dan berusaha meneruskan manfaat tersebut dengan menyumbat kupingnya agar dapat menahan godaan.
Saat ini kita tidak dapat menahan terjangan informasi baik dari tv, majalah, maupun lingkungan sekitar kita. Ibaratnya kita harus istiqomah dengan tujuan hidup kita pribadi, agar tidak tergoda oleh lain-lain yang bukan prioritas. Contohnya, bila berangkat kantor niatnya kerja, ya jangan terpengaruh oleh gosip kantor, amarah atasan, ledekan teman, dsb., yang menurunkan motivasi.
Intinya, pelihara si kuping sebaik mungkin. Dengar yang baik, dan buang yang jelek.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s