PINLOK : Pindah Lokasi Kerja


Karyawan yang bekerja pada perusahaan nasional dengan banyak cabang, harus siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Itu berarti siap untuk pindah setiap saat ke suatu tempat yang kita tidak tahu menahu tentangnya. Dan itu bisa terjadi secara mendadak. Karena pergantian bos, kenaikan jabatan, atau malah mutasi karena dianggap tidak kompeten pada posisi sebelumnya.

Banyak cerita berkaitan dengan pindah lokasi kerja ini.  Rekan-rekan kerja banyak yang bertahan pada posisinya walaupun ditawari kenaikan jabatan. Persyaratannya cukup jelas yaitu pindah ke luar pulau Jawa. Merasa pulau selain Jawa tidak berprospek, termasuk untuk pendidikan anak, mereka enggan berpindah lokasi kerja. Apalagi ternyata biaya pulang balik ke Jawa cukup besar dan tidak seimbang dengan peningkatan pendapatan.

Seorang teman yang ogah menempuh tes kenaikan jabatan, terpaksa mengikuti karena dipaksa atasannya. Alhasil pindahlah ia ke Kalimantan. Sementara si boss sedang menikmati masa pensiun, kolega tadi setengah mati menahan turunnya berat badan karena rindu keluarga di Jawa. Disamping urusan ongkos pesawat yang mencekik leher, dia tidak dapat berkonsentrasi dengan pekerjaannya karena sibuk mencari teman yang mau barter lokasi kerja.

Ada rekan lain yang mengikuti tes tertulis dengan terpaksa. Dan hasilnya dia mencoreti jawaban yang dianggapnya salah, agar hasil tesnya buruk. Di depan pewawancara pun dia berusaha kelihatan blo’on dan tidak bersemangat. Usahanya tokcer juga. Dia tidak jadi dipindahkan.

Tapi lain halnya bila lokasi kerja adalah luar negeri. Para peminat pasti antre dengan daftar tunggu yang panjang. Bahkan pihak perusahaan sendiri pada akhirnya memberikan persyaratan yang cukup berat bagi antrean peminat tersebut. Umur harus lebih muda dan jabatan sudah harus setingkat manajer. Nah, bila melihat kenyataan di lapangan, tidak ada umur sesuai yang dipersyaratkan telah menduduki jabatan manajer. Akibatnya antrean panjang tersebut langsung terputus, yang berarti strategi tersebut manjur. Dan kami para peminat hanya bisa berpandangan, kamu sih dipindah ke luar Jawa enggak mau tapi kalau dipindah ke luar Indonesia langsung terbirit-birit ikut. Ya habis gimana lagi, tunjangan luar negeri nya itu lho, kan gede.

Biasanya ada pihak-pihak yang cukup ‘sakti’ juga untuk menggagalkan mutasinya ke lokasi yang tidak diinginkan. Ada beberapa orang yang dengan pendekatan cukup intens dapat tidak melaksanakan surat keputusan yang telah dibuat. Ini dapat dilakukan oleh pihak yang mempunyai bargaining power tinggi, alias dia mempunyai kompetensi yang memang dibutuhkan pada posisi lama dan sulit tergantikan orang lain. Atau pihak yang cukup mempunyai kedekatan dengan pusat atau divisi sumber daya manusia. Yah, kan tergantung negosiasi masing-masing.

Semua memang tergantung niatan masing-masing. Pada umumnya, pegawai yang tidak berkeberatan dengan mutasi tersebut dengan cepat menaiki jenjang karier yang cukup memuaskan. Pegawai wanita biasanya lebih mengkhawatirkan keluarganya sehingga sulit untuk dapat pindah sesuai lokasi kerja yang ditentukan dan akibatnya mereka memuaskan diri dengan kondisi yang ada. Atau mereka harus kuat bernegosiasi agar tetap naik jabatan tetapi tidak pindah lokasi, atau pindah ke lokasi kerja yang dekat dengan keluarganya. Tapi hal ini juga menimbulkan rasa cemburu dari pegawai pria, karena mereka tidak mempunyai hak prerogatif seperti itu.

Tapi tidak selamanya mutasi kerja mengkhawatirkan. Paling tidak kita dapat melihat sisi lain dari Indonesia. Kota-kota di Indonesia begitu menakjubkan. Siapa sih yang tahu bahwa ada kota kecil bernama Tanjung Redep di belahan pulau Kalimantan, yang benar-benar redup suasananya? Atau bahwa Surabaya adalah kota metropolitan setara Jakarta tapi berbudaya Jawa yang mengasyikkan? Bahwa Menado penuh dengan noni-noni semi Belanda yang indah dipandang mata?

Pilihan karir memang harus dibuat, dan hasil akhirnya akan kembali kepada kita.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in My World and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s