Their Passion is Amazing !


Selagi pusing setelah kerja dan sibuk mengasihani diri sendiri karena dapat bonus yang seakan perusahaan gak ikhlas ngasih, saya menemui film TV yang menggugah. Tentang kontribusi seseorang terhadap lingkungannya.

Film pertama berjudul Gifted Hands: The Ben Carson Story. Tokohnya bernama Benjamin Carson. Seorang anak laki-laki berkulit hitam miskin dan tinggal dengan ibu serta kakak laki-lakinya. Cita-citanya tinggi untuk jadi dokter, sampai dia mengatur ibunya  agar memberi uang khusus untuk  mencapai keinginannya. Kalau perlu celana dia beli semurah mungkin, agar ada uang sisa untuk ditabung.

Sampai disini cerita masih klasik. Tentang kerja keras seorang anak kecil menggapai cita-citanya. Pas pula bila latar belakangnya miskin dan kulit hitam. Tetapi misi cerita mulai terlihat saat si anak masuk universitas, bekerja keras untuk mendapat nilai A, dan magang di rumah sakit terkenal RS John Hopkins, Amerika. Sedikit demi sedikit dia mengasah kemampuannya sebagai dokter ahli bedah syaraf.

Saat menjadi dokter magang, seorang anak masuk ruang gawat darurat karena mengalami kejang-kejang. Epilepsi tingkat gawat. Hampir 80% kehidupannya selalu kejang. Dia hanya bisa tenang bila tertidur karena pengaruh obat.  Bahkan bila obat terlalu kuat ia sampai tidak mengenali ibunya.

Si dokter masih magang, belum pernah mengoperasi orang. Tetapi dia tergugah. Belajar keras, berlatih keras, dan memberanikan diri mengambil resiko. Si anak akan bisu total atau tuli total. Saat di ruang operasi dia berdoa : terjadilah apa kehendak-Mu. Bor sana bor sini, jahit sana jahit sini. Setelah 6 jam operasi, si anak akhirnya bangun dan memanggil ortunya. Misi sukses.

Misi kedua, bedah kepala bayi kembar siam.  Walaupun di RS Dr. Karyadi sekarang juga sudah bisa, tetapi ini terjadi jauh sebelum itu. Yang menjadi masalah adalah pendarahan bayi yang banyak sekali. Dr. Carson belum menemukan pemecahannya. Lucunya saat ia main bola sodok, tiba-tiba dia mendapat ilham. Menghentikan jantung si bayi selama 1 jam untuk menghentikan pendarahan. Lebih dari itu otak si bayi akan rusak.

Metode lama, tetapi riskan. Dr. Carson sampai membentuk tim operasi terdiri dari dokter ahli saraf dan ahli estetika berjumlah 50 orang. Operasi berjalan 20 jam, dan penyambungan pembuluh darah terakhir selesai 12 detik sebelum waktu satu jam berakhir. Misi ini sukses pula.

Film kedua berjudul Seven Pounds. Pemainnya Will Smith. Seorang laki-laki hitam (lagi) yang bersedia mengorbankan nyawanya untuk menjadi donor bagi sesama. Saat dia masih hidup, bagian tubuh yang telah didonorkan adalah cairan sungsum tulang belakang dan hati. Kemudian dia bunuh diri dengan cara merendam diri di bak mandi yang penuh es (agar jantung dan matanya masih segar setelah dia mati) dan disengat ubur-ubur.

Heroik tapi tragis. Jantungnya  diberikan kepada wanita yang lemah jantung, sedangkan matanya untuk pianis buta. Latar belakang ia melakukan ini karena pernah menabrak 7 orang s.d. meninggal. Dan ia merasa harus membalasnya.

Apapun alasannya, kedua film ini memberikan gambaran tentang manusia yang berguna bagi lingkungannya. Seorang dokter yang mencintai pekerjaannya dan manusia, berusaha untuk menyelamatkan mereka walau harus menanggung resiko. Tuduhan mal praktek di Amerika tentu lebih kejam daripada di Indonesia. Si Will, yang tidak jelas pekerjaannya, sampai menanggung rasa bersalah yang demikian dalam dan berusaha untuk menebusnya dengan mengorbankan nyawa. Patriotik, sesuatu yang langka di jaman sekarang.

Their passion is amazing !

Setelah seharian sibuk memikirkan diri sendiri, saya jadi tersadar. Orang benar adalah orang yang berguna bagi lingkungannya, selain bagi dirinya sendiri. Selebihnya adalah orang tidak berguna. Jadi kesimpulannya: mari berguna untuk lingkungan kita🙂

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in My World and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s