Grass Root


Grass Root berasal dari kata rumput dan akar (grass = rumput ; root = akar). Terjemahan bebasnya adalah semak belukar, atau rumput yang tumbuh pendek di tanah, dan merayap. Istilah ini sering dilontarkan kepada orang lain untuk merendahkan, terutama karena berbeda pendapat.  Mengatakan bahwa orang tersebut berasal dari kalangan kelas bawah yang tidak bisa berpandangan modern.

Kata grass root ini pertama saya dengar dari kawan kantor yang menyebut saudara menantunya demikian, karena tidak sealiran pandangan. Gara-gara si menantu diberi dua pembantu, satu pembantu untuk menjaga anak, dan yang satu lagi untuk bersih-bersih rumah. Yang lucu, satu pembantu sering dibajak oleh saudara menantunya untuk membantu memasak di rumah makan miliknya. Tanpa digaji, alias numpang bayar si kawan. Dan lama kelamaan fungsinya bukan membantu lagi, tapi jadi tukang masak. Sementara si saudara ongkang-ongkang kaki, cuma duduk di belakang meja kasir.

Saya pikir istilah ini memang gelar yang dipakaikan para orang tua kepada besannya. Karena kasus lain lagi juga menyangkut hubungan kebesanan. Kawan saya yang lain, kalau sudah berebut pengaruh kepada cucu dengan besannya, bukan main ngerinya. Kalau yang satu sudah diberi tugas menjemput, misalkan, yang satu lagi akan gegap gempita menyambut si cucu di rumah. Disuapi, disiapkan baju, dsb. Atau pada saat mereka berdebat tentang pemberian air bermantera kepada si mantu yang akan melahirkan. Si besan berkeras harus dihabiskan, si kawan berkeras kalau sudah kenyang ya tidak perlu dilanjutkan. Sementara si mantu tersedak-sedak kepayahan menelan air mantera. Masih untung bayinya tidak lahir saat itu juga. Kalau sudah begitu, si kawan pasti bilang “ Dasar grass root, susah bener diajak ngomong”.

Mengingat istilah grass root dan kebesanan memang sudah bertalian erat dari sononya, benar kata petuah nabi yang mengatakan: bahwa pasangan itu memang harus sekufu. Artinya sepantaran, seimbang. Terutama karena pernikahan itu bukan cuma pasangan saja yang terlibat, tetapi juga keluarga besarnya. Masalahnya, ya itu tadi, biar kalo ngomong nyambung !🙂

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in My World. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s