Mental Pengusaha


Pekerjaan saya menuntut banyak bertemu dengan para pengusaha. Berlatar belakang bervariasi, dari manufaktur, perdagangan, distributor, sampai dengan pelayanan. Si pengusaha ibarat seorang nahkoda dari kapal, harus menguasai dari A s.d. Z pekerjaannya. Menguasai disini, bukan berarti dia harus mengerjakan semua hal di perusahaannya. Tetapi yang jelas dia harus tahu hampir semua tentang pekerjaannya.

Tangguh, apalagi menghadapi iklim usaha di Indonesia. Begitu banyak yang harus dihadapi. Macam ‘kejahatan’ kecil seperti pungutan liar preman tetangga sebelah. Negosiasi tarik-ulur dengan seluruh pihak ketiga, seperti suplier, buyer, termasuk kreditur. Analisa keuangan, jelas saya bukan tandingannya. Mereka dengan jitu bisa memperkirakan kalau pasar disana ditangkap, kira-kira berapa bisa suplai ke mereka dan berapa keuntungan ditangan. Kalau investasi beli mesin atau bangun pabrik, kira-kira bisa balik berapa tahun lagi. Beda dengan saya yang mikir kira-kira kalo investasi duit saya bisa balik gak ya?ūüôā

Keuntungan di depan mata. Tapi kerugian juga harus siap ditanggung. Termasuk tanggung jawab untuk terus menghidupi karyawan di bawah bendera usaha. Saya pikir mental mereka lebih dari para trader saham. Naik turun usaha..mah..biasa.

Mereka jadi pengusaha bisa dari keturunan, atau membangun sendiri. Saya kebanyakan berhadapan dengan generasi pertama usaha mereka. Jatuh bangun mereka saya tahu. Dan kebanyakan pengusaha dengan attitude yang baik bertahan cukup lama, walaupun kondisi ekonomi menghantam.

Anda berminat menjadi pengusaha?

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in My World. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

