Otoritas Jasa Keuangan (OJK)


Bank Indonesia (BI) tidak akan bertindak sebagai pengawas lembaga keuangan. Akhir tahun 2010, aktivitas ini akan diserahkan kepada suatu lembaga independen khusus bernama Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sesuai dengan UU No.3/2004 pasal 34 ayat 1 bahwa lembaga pengawasan sektor jasa keuangan independen yang akan dibentuk berdasarkan undang-undang. BI sendiri akan lebih berkonsentrasi kepada tugasnya untuk pengatur kebijakan moneter,mencapai dan memelihara kestabilan nilai tukar rupiah.

Tidak seperti halnya Single Presence Policy (kepemilikan tunggal bank) yang cukup merepotkan lembaga keuangan bank, kebijakan OJK tidak terlalu meresahkan. Karena fungsi yang dilakukan toh tidak jauh berbeda dengan BI, yaitu mengawasi dan mengontrol lembaga keuangan. Tidak ada yang kebijakan baru yang perlu diwaspadai. Tetapi ternyata ada kebijakan susulan. Bahwa operasional OJK akan dibiayai oleh lembaga keuangan, sebesar 0,02 s.d. 0,03 persen dari jumlah dana masyarakat yang dikelola lembaga tersebut. Oops..!!

Dana tersebut terlihat sedikit, tetapi dinilai cukup memberatkan dana operasional lembaga keuangan. Ujung-ujungnya menaikkan lagi suku bunga kredit, untuk bank, dan menaikkan nilai premi untuk lembaga asuransi. Para pengamat menyatakan hal ini akan merancukan keindependenan pengawas baru tersebut. Sedangkan Menkeu Agus Martowardojo menyatakan iuran tersebut untuk operasional dan SDM OJK, dan itu dilakukan di seluruh dunia. OJK yang mengambil dana dari APBN malah deviasi dari peraturan.

Nampaknya semakin banyak beban yang ditanggung bank. Selain beban iuran ini, bank telah diharuskan membayar fee kepada Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) untuk menjamin dana masyarakat. Semoga tambahan beban baru ini tidak berimbas kepada kenaikan suku bunga kredit dan mempengaruhi ekspansi serta pertumbuhan ekonomi negara.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in All about Bank. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s