Region State


Ada yang menarik pada kuliah hari ini. Tentang strategi suatu negara untuk memenangi persaingan global melalui kerjasama regional.

Buku Blue Ocean Strategy

Buku Blue Ocean Strategy

Berdasarkan buku Blue Ocean Strategy, sebenarnya ini adalah strategi perusahaan multinasional untuk dapat menguasai pasar suatu negara. Yaitu melakukan aliansi dengan perusahaan kompetitor lokal, tetapi dengan posisi superior atau pemimpin kerjasama.

Sedikit menyinggung strategi yang dilakukan bank asing di Indonesia. Seperti CIMB Bhd. Malaysia yang kawin dengan bank lokal Niaga. UOB Singapura yang kawin dengan Bank Buana. Dengan tujuan mendapatkan nasabah bank lokal tersebut, dan kemudahan infrastruktur yang telah tersedia seperti ATM.

Kerjasama regional adalah kerjasama antara negara-negara dalam suatu area tertentu. Sering disebut Region State atau Negara Regional, karena diibaratkan berbentuk negara besar dengan seluruh aktivitas masing-masing negara anggota yang mendukung kerjasama tersebut berdasar persamaan kepentingan. Contohnya adalah Uni Eropa dan ASEAN. Ada pula bentuk kerjasama negara dengan bagian dari suatu negara, seperti SIJON: Singapura dan Johor di Malaysia

Masalahnya adalah kepentingan negara anggota terletak di bawah kepentingan komitmen bersama. Alias, negara tidak punya otoritas untuk menentukan sendiri langkah yang diambil. Apalagi negara dengan posisi inferior pada skema kerjasama. Kedaulatan negara pun menjadi goyah. Inilah yang terjadi pada Indonesia model ACFTA. Indonesia didikte untuk menerima seluruh produk China, karena kebetulan China adalah negara eksportir utama dunia.

Pengamanan kedaulatan dilakukan pemerintah dengan cara intervensi langsung maupun tidak langsung dengan tujuan promosi atau proteksi.

Yang jelas, proteksi tidak dapat dilakukan lagi. Hanya intervensi langsung dan tidak langsung pemerintah yang bisa dilakukan dengan promosi. Seperti pemerintah mengikuti forum G to G dan B to B yang baru-baru ini dilakukan untuk forum kerjasama Indonesia-Jerman. Tidak langsung misalkan dengan memberi fasilitas kredit bunga rendah.

Menarik dikaji mekanisme kerjasama apa yang dapat membalikkan keadaan posisi Indonesia menjadi superior. Tetapi sebelumnya, Indonesia harus kuat di bidang tertentu. Misal pertanian. Dengan kekuatan spesialisasi dapat memacu ekspor yang kuat, perekonomian yang stabil, dan mendorong kebanggaan masyarakat terhadap produk lokal.

Kapan ya Indonesia bisa seperti itu?

Apa ya yang bisa kulakukan agar Indonesia bisa seperti itu?

Hmm…

Sekedar saripati pemahaman kuliah Manajement Stratejik hari ini.

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in Parodi, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s