Sweet Cola – Riset Kimia yang tak pernah habis


Tadi pagi saya seakan terlempar kembali ke habitat asal : Teknik Kimia. Ada penelitian sederhana di BBC Knowledges tentang pembuatan minuman rasa cola yang berbuih. Segar dan manis. Ternyata rasa cola itu campuran essens macam-macam. Terdiri dari campuran minyak tumbuhan jeruk plus lavender, dan gula yang banyak. Agar air dan minyak bercampur, ditambah cairan bernama gum arab (gak ngerti nih campuran apa). Biar warnanya menarik ditambah karamel alias gula digosongkan.

Setelah itu ada campuran agar lidah serasa digelitik, yaitu phosporic acid. Si asam ini bertugas merangsang lidah untuk mengeluarkan air liur sehingga otak akan berpikir bahwa minuman ini akan menghilangkan dahaga. Tapi yang agak mengerikan, saat ada logam dicemplungkan ke asam ini, si logam langsung melengkung. Ternyata asam ini bersifat korosif. Plus biar bikin seger, ditambah sedikit kafein. Sampe disini, harap hati-hati minum minuman cola.

Selanjutnya, bagaimana cara agar minuman dapat berbuih? Tentu saja dicampur dengan gas CO2. Dicarilah es kering, yaitu CO2 yang dibekukan, kemudian dicampur dengan air panas agar menguap. Hasilnya gas bertekanan tinggi yang siap dicampur dalam minuman. Ternyata percobaan mencampur ini tidak menyebabkan buih yg banyak. Nampaknya CO2 yang telah menjadi gas ogah bercampur dengan air. Akhirnya dicemplungkan lah langsung si dry ice ke dalam minuman. Lumayan, buih bermunculan.

Oh ya, sebagai tambahan, bila iseng ingin menguji berapa banyak CO2 dalam minuman cola botolan, tambahkan saja permen mint ke dalamnya. Dijamin, minuman tersebut akan muncrat tinggi sekali karena gas CO2 bereaksi dengan mint dan terlepas keudara.

Anyhow, sebentar lagi lebaran. Tentu dari sisi kepraktisan ada hidangan minuman berupa Coca Cola, Sprite, Fanta, dsb. Jangan berlebihan saat meminumnya. Disamping gula yang banyak, sifat yang korosif dari phosporic acid, si tounge tickle, kudu diwaspadai juga.

Akhirnya : Selamat Idul Fitri 1432 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin !!

About these ads

About avieni

A Simple Lady with a simple attitude
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s